Selasa, 06 Juli 2010

rpp

pbastainker.blogspot.com
by; domi putra
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Sekolah : MTsN MODEL Sungai Penuh
Kelas / Semester : II
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Standar Kompetensi : Menguasai 250 kosakata baru dengan struktur kalimat (tarikh al-kalimat) yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah.
Kompetensi dasar : Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata isim, fi’il, dan harfun, peserta didik mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya’ muwajjah sesuai tema materi pokok.
Indikator : a. Kosakata;
• Siswa mampu mengucapkan mufradat (kosakata).
• Siswa mampu menterjemahkan mufradat.
b. Tata Bahasa;
• Siswa membedakan mufradat, mana yang isim, fi’il dan huruf.
tujuan pebelajaran : a. Diharapkan siswa mampu mengucapkan mufradat dengan benar.
b. Diharapkan siswa mampu menterjemahkan mufradat dengan benar.
c. Diharapkan siswa mampu menerapkan stuktur kalimat dan menetukan jabatan dalam kalimat sempurna.
Materi pokok : a. Kosakata tentang isim, fi’il dan harfun.
b. Struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata isim, fi’il dan harfun.



Kegiatan pembelajaran : a. Kegiatan awal:
• 15 menit pertama mengecek kehadiran siswa.
• Mengevaluasi siswa mengenai materi pertemuan yang lalu.
b. Kegiatan Inti:
• Mendengarkan bacaan sisiwa, satu paragrap persiswa.
• Membacakan kembali teks tersebut di depan siswa secara benar.
• Mengajak siswa membuka kamus untuk mencari kosakata yang dianggap sulit.
• Menjelaskan jabatan kata dalam kalimat.
• Meminta siswa untuk mencari contoh isim, fi’il dan hiruf selain yang berada di dalam teks.
c. Kegiatan Penutup:
• Memberikan tugas berkenan materi pokok.
Media dan Sumber Pemelajaran: - Buku paket
- Kamus
- Papan tulis
- Spidol
- Kertas yang telah ditulis kosakata, dan kemudian dipotong-potong menjadi kecil.
Penilaian :
• Siswa diminta untuk menjelaskan pengertian isim, fi’il dan huruf, serta contoh-contohnya!



GURU BIDANG STUDI



........






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Sekolah : MAN 1 Sungai Penuh
Alokasi waktu : 2X 45 menit
Kelas / Semester :II
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Standar Kompetensi : Menguasai 250 kosakata baru dengan struktur kalimat (tarikh al-kalimat) yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah.
Kompetensi dasar : Dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata al-fa’il dan maf’ulun bih, peserta didik mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya’ muwajjah sesuai tema materi pokok.
Indikator : a. Struktur kalimat
• Sisiwa mampu menerapkan struktur dan menentukan jabatan dalam kalimat sempurna.
b. Menulis
• Siswa mampu menyusun kata yang diberikan secara acak sehingga menjadi kalimat sempurna.
• Siswa mampu memahami dan membedakan antara fa’il dan maf’ulun bih.
Tujuan pembelajaran :a. Supaya sisiwa mampu mengenali bentuk kalimat dan unsur-unsur kalimat yang sempurna.
b. Supaya siswa mampu menerapkan atau menyusun sebuah kalimat yang sempurna dan sesuai kaidah bahasa arab.
c. siswa diharapkan mampu membuat sebuah contoh kalimat yang mengandung fail dan mafulun bih dalam bentuk sebuah karya tulis.


Materi pokok : a. Membaca teks yang mengandung fa’ilun dan maf’ulun bih.
b. Latihan menulis kalimat dengan mufradat dan stuktur kalimat yan mengandung fa’il dan maf’ulun bih.
Kegiatan pembelajaran : a. Kegiatan awal
• 15 menit pertama mengecek kehadiran siswa.
• Mengevaluasi siswa mengenai materi pertemuan yang lalu.
b. Kegiatan Inti
• Mendengarkan bacaan sisiwa, satu paragrap persiswa.
• Membacakan kembali teks tersebut di depan siswa secara benar.
• Menjelaskan fungsi fa’il dan maf’ulun bih dalam kalimat sempurna.
• Menjelaskan perbedaan antara fa’il dan maf’ulun bih.
• Memberikan kata-kata acak dan meminta siswa untuk mnyusunnya menjadi kalimat sempurna.
c. Kegiatan Penutup
• Memberikan tugas berkenan materi pokok.
Media dan sumber pembelajaran: - Buku paket
- Kamus
- Artikel yang berkenaan materi.
- Papan tulis
- Spidol
- Kertas yang telah dituliskan kata-kata acak, dan kemudian dipotong-potong menjadi kecil.
Penilaian :
• Siswa diminta untuk menjelaskan pengertian fa’ilun dan maf’ulun bih, serta contoh-contohnya!
• Siswa diminta untuk menulis contoh kalimat yang mengandung fa’ilun dan ma’ulun bih.

GURU BIDANG STUDI


........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar